Selasa, 11 November 2014

Manusia dan Cinta Kasih

    Sebelumnya saya ingin menjabarkan satu-satu pengertian cinta kasih ini.
Cinta adalah perasaan suka atau tertarik kepada seseorang yang dicintainya.
Sedangkan kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan yang benar-benar tulus.Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta
Jadi definisi cinta kasih adalah perasaan suka atau tertarik dengan menaruh belas kasihan yang benar-benar tulus.Sebenarnya cinta & kasih itu sangat berkaitan sekali. Jadi kalo orang sudah mencintai seseorang pasti dia akan menaruh kasih terhadap orang tersebut. Contoh saja kalo orang sudah memiliki kasih kepada seorang, kalo dia sudah melihat orang yang dikasihinya jatuh atau terluka pasti dia akan panik untuk memberi pertolongan pertama karena orang tersebut memiliki kasih terhadap orang yang dicintainya. Seperti pada gambar dibawah ini :

  
 
    
Jadi pada intinya sesama manusia harus mempunyai cinta kasih terhadap satu sama lain. Karena pada hakekatnya manusia harus mengasihi satu sama lain sama seperti mengasihi diri sendiri. Artinya kita harus mementingkan kepentingan orang lain dahulu. Karena sesama manusia harus saling membantu dan tidak ada kata tidak mau membantu. Berarti sesama manusia tidak boleh menaruh dendam terhadap manusia satu sama lain karena itu sudah melanggar hakekat dalam diri manusia yaitu harus saling mengasih sama seperti mengasihi diri sendiri. Karena Tuhan menciptakan manusia dengan tujuan supaya kita yang diciptakan harus menjaga keharmonisan didalam kekeluargaan ini tidak boleh ada dendam satu sama lain. Manusia memiliki jiwa sosial yang sangat melekat yaitu manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan manusia yang lain di sekitarnya. Seperti contoh seseorang jika ingin membuat mobil pasti akan membutuhkan yang lain untuk berjalanya pembuatan mobil tersebut.
       Kalo diatas berbicara cinta kasih terhadap manusia, kali ini kita berbicara cinta kasih terhadap Tuhan. Pada hakekatnya kita sebagai umat manusia harus mencintai Tuhan dengan penuh kasih. Karena tanpa manusia mencintai Tuhan sama saja manusia mencintai dunia. Inilah yang disebut duniawi atau bisa disebut cinta terhadap Setan atau Satan.Manusia harus mencintai Tuhan tanpa syarat dan harus mengasihi melebihi mengasihi diri sendiri karena mencintai Tuhan adalah hukum yang terutama. Tidak ada hukum yang terutama selain ini.
       Namun Cinta Kasih seperti yang diatas akan sia-sia jika hanya diucap dengan lidah. Hendaknya kita mencintai sesama maupun kepada Tuhan dengan perbuatan dalam kebenaran. Karena dengan perbuatan lah perkataan yang kita ucapkan bisa terbukti dengan benar secara riil. Maka dari itu saya mengajak kalian semua untuk mencitai sesama dan Tuhan secara perbuatan. Saya juga disini masih belajar untuk mencintai sesama dan Tuhan dengan perbuatan. Semuanya ini adalah butuh perjuangan. Selamat berjuang

0 komentar:

Posting Komentar

My Blog List

Laman gunadarma

Pages

Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts