Kamis, 09 Oktober 2014

Mengurangi dampak terhadap lingkungan

       Pada dasarnya AC disini adalah proses penguapan yang mengeluarkan udara dingin. Nah bagaimana sih itu bisa terjadi? Karena di dalam AC terdapat gas freon. Nah nanti freon ini akan diubah menjadi gas dimana gas tersebut dapat mendinginkan suhu panas. Freon(CFC) ini merupakan turunan dari alkana yang memiliki rumus CnHn+2. Gas freon juga dapat digunakan untuk kulkas yang funsginya mendinginkan suhu panas. Selain itu freon juga dapat digunakan untuk propelan dan pelarut.
       Namun, didalam kelebihan freon ini, freon juga memiliki kekurangan yang sangat berdampak sekali terhadap lingkungan. Dampaknya adalah dapat merusak sebuah lapisan ozon. Mengapa demikian? Ketika freon (CFC) lepas ke atmosfer, freon tersebut akan bertemu dengan ozon (O3). Nah proses terjadinya adalah CFC akan terurai menjadi atom C yang sangat reaktif terhadap unsur O dari ozon. Atom C akan bertemu dengan molekul O3 dan akan menarik satu O yang mengakibatkan timbul karbon monoksida (CO) dan ozon akan menjadi oksigen (O2) karena sudah kehilangan satu O. Setelah itu CO akan menarik satu O lagi dari ozon sehingga terbentuk CO2. Ozon yang fungsinya menjadi pelindung bumi menjadi hilang/terurai karena sudah terbentuk dengan CO2. Dengan itu CO2 ini sangat memiliki dampak yang buruk terhadap lingkungan.Dengan demikian bumi kita ini suhunya akan naik alias panas.
       Maka dari itu saya kepikiran untuk membuat semacam "Mini AC" yang akan mengurangi menipisnya lapisan ozon. Mungkin disini anda tertarik membuat sesuatu yang bisa mengurangi pemanasan global. Berikut ini gambarnya :
 
  Alat-alat yang diperlukan adalah :
1. Tempat makanan                                 4. Pipa
2. Sterofom                                              5. Laptop/komputer
3. Kipas untuk PC berbentuk USB          6. Es batu

Cara pembuatannya adalah :
1. Langkah pertama adalah lubangi sebuah tempat makan sesuai dengan kipasnya dan lubangi juga  untuk sebuah pipa.
2. Lapisi isi tempat makanan dengan sterofom. Lapisan belakang tutup makanan juga dilapisi dengan sterofom. Fungsinya sterofom adalah menjaga suhu yang didalam tempat makanan.
3. Masukkan sebuah es batu untuk menurunkan suhu didalam.
4. Pasangkan kipas yang berbentuk USB ke laptop/komputer

Proses terjadinya adalah ketika suhu didalam sudah diturunkan oleh es batu, maka kipas yang sudah dipasangkan ke laptop akan  menyerap kalor. Kalor yang didalam akan diserap kemudian akan dikeluarkan kembali. Teori ini sama seperti Q lepas=Q terima. Dan kita akan merasakan sejuknya udara tersebut dengan mendekatkan tubuh kita ke kipas tersebut.

Saya membuat ini terinspirasi dari teman saya yang bernama suyanwar liem wawang, yang sudah membuat sebelumnya ketika di SMA. Saya juga mencari data yang lengkap dari google dan youtube.
Saya terinspirasi untuk membuatnya sendiri. Sekian dari saya, terima kasih....

 






6 komentar:

Unknown mengatakan...

thanks gan ilmunya.. jadi mau nyoba di rumah

Anggara Prabowo mengatakan...

Wiihh lumayan tuh kurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

Anggara Prabowo mengatakan...

Wiiih bagus tuh buat mengurangi dampak buruk buat lingkungan hehehe

Unknown mengatakan...

weww bagus bgt nih info'a.. patut di coba.. thx gan.. hehe :D

Unknown mengatakan...

Makasih yah semuanya , dicoba nanti yah dirumah. lumayan buat mini ac dirumah

Unknown mengatakan...

kalo misalkan gua pake kipas yang gede bisa ga yah?

Posting Komentar

My Blog List

Laman gunadarma

Pages

Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts